Pages

Atasi segera Gejala Hepatitis pada Anak Tipe B

Hepatitis merupakan penyakit yang bisa menular ke orang lain, bahkan penderita bisa saja korban dari penularan virus hepatitis. Ada banyak tipe penyakit hepatitis dengan berbagai risiko yang bisa terjadi. Berikut ini cara Anda mengatasi dengan segera gejala hepatitis pada anak Tipe B.

Atasi segera Gejala Hepatitis pada Anak Tipe B

1.      Vaksin
Cara mengatasi hepatitis B ini dengan melakukan vaksinasi hepatitis B. Vaksin ini wajib Anda berikan kepada anak-anak agar tidak menderita penyakit berbahaya ini. Hanya sekali melakukan vaksinasi maka akan bertahan seumur hidup, sehingga anak tidak perlu melakukan vaksinasi lagi saat sudah dewasa.

2.      Minum Obat
Anda bisa mengatasi hepatitis B pada anak-anak dengan memberikannya obat. Ada obat hepatitis B yang bisa diberikan pada anak agar bisa mencegah pertumbuhan virus hepatitis B di dalam tubuh. Jadi, jika kondisi anak sudah semakin parah dengan hepatitis B anak harus minum obat seumur hidup agar tetap bisa bertahan.

Salah satu jenis obat yang biasa diberikan adalah Interferon alfa-2b (Intron A). Obat ini fungsinya sebagai injeksi terutama bagi anak untuk bisa melawan infeksi. Obat ini tidak perlu diminum dalam jangka panjang. Hanya saja obat ini memiliki efek samping seperti depresi, sesak dada, dan sulit bernapas.

3.      Suntikan Imunoglobulin
Anak yang mengalami hepatitis B sistem imunnya akan jauh menurun. Gejala hepatitis pada anak tipe B yang bisa terjadi adalah demam tinggi, lemas, serta mengalami mual dan muntah. Jika anak sudah mengalami gejala ini, atasi dengan menyuntikkan imunoglobulin hepatitis B. Suntik ini dilakukan untuk melindungi anak dari infeksi yang semakin luas.

4.      Istirahat yang Cukup
Cara mengatasi penyakit hepatitis B yang terjadi pada anak, Anda harus memastikan anak tidak kecapekan sehingga sistem imunnya tetap stabil. Jadi, cara mengatasi penyakit ini agar tidak kambuh adalah anak harus lebih banyak beristirahat. Selain itu, pastikan anak mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi untuk mencukupi kebutuhan energi.

5.      Transplantasi Hati
Cara berikutnya untuk mengatasi hepatitis B adalah transplantasi hati. Cara ini jika hepatitis sudah membuat anak mengalami kerusakan pada hati. Cara pengobatan yang tentunya memerlukan biaya besar. Anda harus hati-hati jika mengabaikan gejala kecil atau ringan yang terjadi pada anak.

6.      Hindari Peralatan Pribadi Bersama
Cara lainnya untuk mengatasi penyakit hepatitis B adalah dengan menghindari menggunakan peralatan pribadi bersama. Apalagi jika anak baru saja sembuh karena penularan hepatitis B sangat cepat dan membuat Anda tidak akan menyangka kecepatan perkembangan virusnya.

Penyakit hepatitis B bisa menular dengan cepat melalui makanan. Anda harus sangat berhati-hati menjaga anak jangan sampai terkena penularan virus. Kenali gejala hepatitis pada anak yang bisa diketahui dengan mudah. Jika sudah ada tanda yang mengarahkan pada gejala penyakit ini segera lakukan pengobatan sebelum virusnya menyebar semakin luas di dalam tubuh anak. 
 

Most Reading

Sidebar One